Tuesday, May 5, 2015

Cara Mempercepat Kinerja Ubuntu

Seperti yang kita ketahui ubuntu merupakan salah satu sistem operasi linux populer yang banyak menawarkan fitur dan tampilan yang keren. Selain itu Ubuntu juga ringan dijalankan di hampir setiap komputer / netbook jaman sekarang. Tapi ada beberapa cara untuk lebih meringankan kinerja Ubuntu ini terutama jika kita menginstalya pada komputer yang bisa dikategorikan 'jadul' hehe... no offence ya :p.

Bagaimana caranya? simak beberapa tips berikut ini

Install Preload

Preload adalah program yang berjalan secara background yang fungsinya memonitor aplikasi yang sedang berjalan dan menganalisa library dan binary data yang digunakan dan memuatnya kedalam memory di awal sehingga aplikasi akan berjalan dengan cepat. Contoh, jika Anda sering menggunakan office atau firefox setelah menghidupkan komputer, preload akan otomatis memuat setiap aplikasi ini kedalam memory ketika komputer baru dihidupkan. Ketika Anda masuk/login dan membuka aplikasi ini, maka aplikasi akan berjalan lebih cepat.

Secara default Preload tidak terinstall pada linux Ubuntu. Kita dapat menginstalnya dengan perintah berikut

sudo apt-get install preload

Anda dapat merubah setting default preload dengan mengubah file /etc/preload.conf.
akan tetapi settingan default preload sudah cukup dan berjalan bagus menurut saya :)


Mengontrol aplikasi startup

Cara Mempercepat Kinerja Ubuntu

Aplikasi dapat berjalan otomatis ketika Anda pertama login ubuntu atau komputer dijalankan. Beberapa aplikasi dapat otomatis memasukkan daftar aplikasi yang akan berjalan pada saat startup. Seperti pada saat Anda menginstal dropbox, maka dropbox akan otomatis berjalan pada saat pertama kali Anda login.

Cara Mempercepat Kinerja Ubuntu

Secara default ubuntu menghilangkan beberapa daftar sistem aplikasi yang berjalan otomatis. Untuk memunculkannya gunakan perintah berikut.

sudo sed -i ‘s/NoDisplay=true/NoDisplay=false/g’ /etc/xdg/autostart/*.desktop

perintah ini akan memodifikasi file autostart dan memunculkan beberapa daftar sistem autostar yang disembunyikan. Tutup dan buka kembali jendela startup. 


Cara Mempercepat Kinerja Ubuntu

yang perlu diingat adalah jangan mematikan autostart pada program yang Anda tidak tau fungsi program itu. Sebagai contoh komputer Anda tidak memiliki Bluetooth, maka Anda dapat mematikan autostart pada bluetooth manager dengan menghilangkan centang pada menu bluetooth.

Gunakan Dekstop Environment yang paling ringan

Cara Mempercepat Kinerja Ubuntu


Ubuntu menggunakan Unity sebagai desktop environment defaultnya. Bagi sebagian pengguna ubuntu termasuk saya juga Unity bisa dikategorikan berat mengingat spek komputer yang tergolong jadul :D. Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan Dekstop Environment lain yang ringan seperti  LXDE atau XFCE. Ada banyak lainnya sih, coba googling aja :)

Gunakan Aplikasi Ringan

Menggunakan aplikasi ringan dapat meringankan beban komputer terutama komputer jadul hehe,
ya, semua orang tau sih menggunakan aplikasi ringan dapat mempercepat kinerja komputer, tapi ada juga lho yang ngeyel menggunakan aplikasi yang berat tanpa memperhatikan spek komputernya :)
termasuk saya juga kadang :D

Mempercepat boot delay

Jika Anda menggunakan dual boot pasti pada saat booting akan muncul pilihan booting / GRUB Boot loader apakah menggunakan ubuntu atau OS lainnya seperti windows. Jika kita biarkan maka dalam 10 detik dia akan memilih ubuntu secara otomatis. Kita bisa mengganti waktu 10 detik ini dengan mengubah file grub. Gunakan perintah berikut 

gksu gedit /etc/default/grub

kemudian cari kata GRUB_TIMEOUT dan ubah valuenya. Sebagai contoh saya mengubah delay boot menjadi 5 detik.

Cara Mempercepat Kinerja Ubuntu

save file kemudian update grub dengan perintah berikut 

sudo update-grub2

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan kinerja ubuntu kita.
nanti akan ada update, tunggu saja :)

semoga bermanfaat,
Load disqus comments

0 comments